Sah Ga Sholat Jum'at Ku? hayooo jawab......!!

By ajan9_bdw

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah...” [Al-Jumu’ah : 9]

itu lah yang ku tahu dari salah satu Perintah Allah kepada setiap umat Muslim Laki-laki dalam perihal Sholat Jum'at.


JALANNYA SHOLAT JUMAT KU HARI INI 16 MAY 2008

Setelah adzan selesai kemudian sang khotib naik mimbar, dan dari awal aku dah curiga dari liat wajahnya pasti ni khotbahnya ga nyambung dalam artian pasti ga ngomongin soal agama tapi pasti masalah politik (tapi ga tau berhubungan ga sih ma kondisi daerah ku yang mo PILKADA Gubernur/Kalimantan Timur).dan setelah pembukaan, doorrr....!!!(bukan suara tembakan) tapi rasanya meledak hati ini ketika mendengar isi ceramah dari sang khotib, yah bagaimana tidak isi khotbahnya kira-kira seperti ini yang dia sampikan begini : 7 piont tentang keburukan pemerintah (kenaikan BBM, Korupsi, keburukan pemerintah dan cs lah), Kemudian 4 Point setelahnya adalah solusinya (menolak kenaikan BBM, mencari pemimpin yang adil dan jujur, pokoknya begitu lah).

Selama si dia berkhotbah hati ini merintih sakit rasanya, dada terasa sesak, ada juga ingin menangis, kadang juga pingin ketawa, ya Allah ... kenapa hal seperti ini bisa terjadi. Tapi sebetulnya aku sudah wanti2 sejak awal, terutama setelah beberapa minggu lalu ketika bertemu dengan pamanku yang berada di Kabupaten Kutai juga mengalami hal yang sama, bukannya khotbah tapi malah kampanye..Naudzhubillah!

Dan sebagai jamaah yang mendengarkan, aku juga sudah bisa membayangkan apa yang akan dirasakan jamaah jika mendengar isi ceramahnya.dan pastinya hanya akan menjelekan manusia yang lainnya dan menilai baik yang lainnya.(tapi Sang Khotib ga teriak "pilih nomor 1,2,3..dst”, hahahaha..! tapi saya juga kurang tau dia dari partai atau golongan mana.)

RENUNGAN

Sholat jum'at, ya inilah sholat yang sangat berbeda dengan sholat yang lainnya dalam keseharian kita.Dan yang paling mencolok pastinya pada khotbahnya, namun apa yang terjadi jika khotbah itu sendiri telah disalah gunakan oleh sang Khotib atau pemberikan Khotbah (ga tau ni Khotib ngerti agama atau nggak sih).

Bagai mana tidak, sederhananya seperti ini : Jika saya seorang Kepala Sekolah, dan saya memerintahkan kepada bawahan saya untuk mengumpulkan siswa-siswi dilapangan dengan tujuan untuk memberi pengarahan kepada siswa tentang prihal yang berkaitan dengan sekolah.Namun apa yang terjadi jika, melalui pengeras suara sang bawahan malah menyampaikan hal-hal yang bukan berhubungan sengan sekolah sama sekali, hingga akhirnya siswa bubar dan niat sang kepala sekolah tak tersampaikan. Dan hal itu didengar langsung oleh sang Kepala Sekolah, dan pasti anda sendiri akan tau bagaimana murkanya sang Kepala sekolah, ya kan...?

Ya mungkin itu lah gambarannya sholat Jum'at ku hari ini. Sholat Jumat yang diperintahkan Oleh Allah, dengan tujuan untuk memberikan nasehat kepada manusia agar kembali kepada Sang pencipta,tapi mengapa harus dikotori oleh sang khotib yang "bodoh" (menurut saya),tidakkah dia punya rasa malu kepada Allah. Saya juga tidak bisa membayangkan andai Allah menampakan wujudnya, kemudian murka...SUbhanallah.

Ya saya hanya bisa berharap semoga hal-hal seperti ini tidak terulang, semoga Allah membukkan hati para ulama, mubalik, Ustazd, dan yang lainnya untuk memberikan khotbah jum'at yang benar-benar mengarahkan jamaah kepada ketaatan kepada Allah semata, Amin.


Ahmad Fajar, 16 may 2008 sepulang sholat jumat pukul 13.30 Wita

 

0 comments so far.

Something to say?